Selasa, 02 Desember 2014

Struktur Bus dan Macam-macam Bus




PCI bus merupakan bus utama yang terhubung dengan perangkat utama sebuah komputer, SCSI bus merupakan bus pada penyimpanan sekunder yang terdapat alat penyimpanan seperti disk, dan expansion bus merupakan bus untuk perangkat tambahan atau biasa disebut periferal sehingga bus ini juga disebut I/O bus. Struktur sederhana I/O bus dapat dilihat pada gambar di bawah ini.


Macam-macam bus:
Dalam bus, terdapat 3 macam bus yang mempunyai tugas masing-masing untuk hubungan antarmodul, yaitu :
  • Bus Data – merupakan jalur-jalur perpindahan antarmodul dalam sistem komputer. Baik lebar maupun jumlah saluran menentukan kinerja sistem komputer.
  • Bus Alamat – Untuk menandakan lokasi sumber dan tujuan pada proses transfer data. Pada saluran ini, CPU akan mengirim alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.
  • Bus kontrol – digunakan untuk menngotrol izin akses ke data bus dan address bus. Jadi sebelum data masuk/keluar untuk ditulis atau dibaca, akan dikontrol terlebih dahulu agar benar-benar valid.
Contoh bus:

  • Bus ISA (Industry Standar Architecture) Vendor pemakai: IBM 
  • Bus PCI Vendor pemakai: Intel 
Peripheral Component Interconnect (PCI) adalah bus yang tidak tergantung prosesor dan berfungsi sebagai bus mezzanine atau bus peripheral. PCI memiliki kinerja tinggi untuk sistem I/O berkecepatan tinggi seperti : video adaptor, NIC, disk controller, sound card, dan lain-lain. 
  • Bus USB / Universal Standard Bus
Untuk peralatan yang memiliki kecepatan rendah seperti keyboard, mouse, dan printer, 7 vendor komputer (Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom) bersama-sama merancang bus USB.
  • Bus SCSI 
Small Computer System Interface (SCSI) adalah perangkat peripheral eksternal yang dipopulerkan oleh macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan interface standard untuk drive CD-ROM, peralatan audio, hard disk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuran besar. SCSI menggunakan interface paralel dengan 8, 16, atau 32 saluran data. 
  • Bus P1394 / Fire Wire 
Bus performance tinggi yang dikenal dengan Fire Wire (P1394 standard IEEE). P1394 memiliki kelebihan dibandingkan dengan interface I/O lainnya, yaitu sangat cepat, murah, dan mudah untuk diimplementasikan. Pada kenyataanya P1394 tidak hanya populer pada sistem komputer, namun juga pada peralatan elektronik seperti pada kamera digital, VCR,dan televisi. Kelebihan lain adalah penggunaan transmisi serial sehingga tidak memerlukan banyak kabel. 


Filled Under:

0 komentar:

Posting Komentar